0

7 Cara Membuat Kliping yang Benar dan Bertahap, Dijamin Klipingmu Menarik!

Bagi kamu yang saat ini sedang diberi tugas untuk membuat kliping, sebaiknya kamu mencari tahu bagaimana cara membuat kliping yang benar agar nanti hasilnya jadi unik dan menarik. Kliping sendiri merupakan aktivitas menggunting bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya untuk ditempel kembali pada kertas. Kliping sebenarnya bukan hal yang asing bagi kita.

Kliping

Kliping

Bahkan sejak sekolah dasar, kebanyakan dari kita telah diberi pengetahuan tentang kliping. Meski begitu, kita tidak bisa sembarangan dalam membuat kliping. Ada proses-proses yang harus kita lakukan agar kliping yang dibuat hasilnya bisa jadi unik dan menarik. Untuk itu, kamu perlu mencari tahu bagaimana cara membuat kliping yang baik yang benar. Simak pembahasannya berikut ini ya!

1.     Tentukan Tema Kliping

Pertama-tama, kamu harus menentukan tema terkait kliping yang akan kamu buat. Hal ini penting dilakukan agar nantinya kamu bisa lebih fokus dalam mencari sumber sesuai tema kliping tersebut.

Agar kliping yang kamu buat hasilnya bisa menarik, sebaiknya kamu memilih tema yang spesifik. Untuk temanya sendiri kamu bisa memilih bidang industri, pertanian, teknologi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

2.     Kumpulkan Bahan Kliping

Setelah kamu menentukan tema yang spesifik, kamu perlu mencari bahan-bahan untuk pembuatan kliping tersebut. Kamu dapat mencarinya di media cetak seperti koran, majalah, tabloid, ataupun mencari sumber lain melalui internet.

3.     Siapkan Peralatan yang Akan Digunakan

Setelah semua bahan terkumpul, kamu perlu menyiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk membuat kliping. Peralatan yang harus dipersiapkan antara lain kertas HVS atau folio sebagai media untuk menempel, gunting, penggaris, lem serta spidol berwarna untuk membuat kliping tampak semakin menarik.

4.     Gunting Bahan-Bahan yang Telah Disiapkan

Cara membuat kliping yang benar selanjutnya adalah menggunting bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Bahan-bahan yang berupa gambar ataupun artikel tersebut bisa mulai kamu digunting sesuai kreatifitas. Dalam proses pengguntingannya, kamu bisa berkreasi dengan penggaris manual ataupun membuat pola sesuai yang kamu inginkan.

5.     Tempel Bahan Kliping Pada Media Kertas

Setelah bahan-bahan tersebut digunting, kamu dapat menempelkannya pada kertas yang telah disediakan. Untuk itu, kamu perlu menyusunya secara sistematis agar terlihat lebih rapi. Misalnya, kamu dapat menyusunnya berdasarkan tahun terbit artikel yang dijadikan sebagai bahan kliping. Untuk membuat tampilan kliping semakin menarik, kamu bisa menambahkan hiasan ataupun pernak-pernik pada halaman kliping.

6.     Buat Cover Kliping

Setelah kliping yang kamu buat sudah benar-benar telah tertempel dengan rapi dan lengkap, kamu dapat membuat cover kliping tersebut. Cover dibuat untuk menarik perhatian orang lain agar mereka penasaran untuk melihat kliping buatanmu. Untuk itu, kamu harus membuat cover yang tampak kekinian dan unik untuk memancing rasa penasaran orang lain.

7.     Membuat Daftar Pustaka

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar pustaka sebagai rujukan informasi dalam pembuatan kliping. Dengan adanya daftar pustaka, para pembaca akan lebih mudah memahami informasi dari kliping tersebut. Agar daftar pustaka terlihat semakin menarik, kamu bisa menambah hiasan yang kekinian.

Itulah beberapa cara membuat kliping yang benar yang pastinya akan membuat tampilan klipingmu semakin unik dan menarik. Selamat mencoba ya!

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *