0

5 Menu Sahur dan Buka Puasa bagi Penderita Mag

Bagi Anda yang punya masalah penyakit lambung, Anda harus paham benar apa saja menu sahur dan buka puasa bagi penderita mag. Hal ini dilakukan mengingat adanya beberapa pantangan makanan yang harus dipatuhi oleh penderita mag, baik ketika sahur maupun berbuka. Sebenarnya, aktivitas puasa tidak akan memperburuk kondisi Anda. Justru, puasa dapat membuat ketahanan tubuh Anda semakin meningkat.

Untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, Anda harus tetap memerhatikan asupan makanan dan menghindari makanan yang bisa merangsang naiknya asam lambung yang memicu timbulnya penyakit mag. Pada saat sahur dan buka, sebaiknya Anda memilih makanan yang teksturnya lunak, tidak pedas, tidak asam, serta tidak mengandung kafein. Berikut ini adalah beberapa menu makanan yang tepat untuk dikonsumsi oleh penderita mag pada saat sahur maupun berbuka puasa:

1.     Kurma

Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita mag. Di dalam kurma terdapat kandungan 11,8 gram serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kurma juga  ampuh untuk mengurangi kadar asam yang berlebih pada lambung. Dengan rutin mengonsumsi tiga butir kurma pada saat berbuka dan sahur, sakit lambung yang Anda rasakan pun akan semakin berkurang.

2.     Kentang Tumbuk Atau Mashed Potato

Mashed Potato

Mashed Potato

Kentang tumbuk atau mashed potato merupakan salah satu menu sahur dan buka puasa bagi penderita mag. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang juga kaya akan alkalin yang baik untuk menetralkan asam lambung. Selain itu, kentang juga bisa memulihkan stamina setelah seharian Anda berpuasa.

Cara membuat kentang tumbuk atau mashed potato terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu merebus atau mengukus kentang tersebut dan setelah itu, Anda dapat menambahkan topping tertentu, seperti misalnya diberi irisan tahu atau tempe dan juga sayur hijau agar semakin menggugah selera.

3.     Sayur Brokoli

Brokoli kaya akan kalium dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk melindungi lambung dari masalah infeksi. Karena itulah, menu sayur brokoli sangat pas untuk dikonsumsi oleh penderita mag pada saat sahur maupun berbuka puasa.

4.     Sayur Bening Bayam

Sayur Bening Bayam

Bayam merupakan sayur yang kaya akan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga kadar asam lambung pun bisa lebih terkendali. Selain itu, bayam juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung. Oleh karena itu, bayam yang dibuat menjadi olahan sayur bening sangat baik dikonsumsi oleh para penderita mag pada sahur ataupun berbuka puasa. Agar sayur bayam tersebut semakin menggugah selera, Anda bisa menambahkan jagung ataupun wortel.

5.     Nasi Tim

Nasi Tim

Nasi tim yang bertekstur lembut dan lunak sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang punya masalah penyakit mag. Dengan mengonsumsi nasi tim pada saat sahur maupun berbuka puasa, lambung pun tidak akan bekerja ekstra untuk mencernanya karena nasi tim memang mudah untuk dicerna oleh lambung.

Itulah beberapa menu sahur dan buka puasa bagi penderita mag. Dengan mengonsumsi berbagai makanan tersebut diharapkan penderita mag dapat lebih kuat saat menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba!

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *