0

Pentingnya Gerakan Membaca Sejak Dini Bagi Anak

Pentingnya gerakan membaca – Saat ini masyarakat Indonesia semakin darurat dalam membaca. Hal tersebut terlihat dari banyaknya orang menanyakan pertanyaan yang sebenarnya sudah tercantum dalam keterangan atau deskripsi. Banyak yang lebih suka bertanya dibandingkan dengan membaca deskripsi dengan kalimat yang panjang tersebut.

Pentingnya gerakan membaca

Membaca sendiri merupakan kegiatan melihat, mengambil informasi, dan memahami isi bacaan di dalamnya. Selain itu manfaat membaca tidak boleh dianggap remeh karena dengan membaca mampu membuka jendela dunia. Maksudnya dengan gemar membaca wawasan menjadi luas dan memperkaya ilmu. Untuk bisa membuat gemar membaca sampai dewasa, penting bagi orang tua untuk melakukan gemar membaca sejak dini.

Gemar Membaca Sejak Dini

Membaca merupakan aspek berbahasa dimana peranan membaca dalam kehidupan ini sangat penting.  Hal yang paling terasa adalah anak yang terbiasa membaca pengetahuannya akan bertambah. Selain itu tingkat kecepatan membaca menjadi meningkat. Anak yang sering membaca juga akan mudah memahami isi bacaan tersebut meski hanya dengan baca buku

Pentingnya gerakan membaca ini harus disadari oleh orang tua dimana sudah banyak orang sukses dan cerdas karena mereka cinta membaca. Oleh sebab itu mulai saat ini penting bagi orang tua untuk meningkatkan intensitas membaca terutama di waktu senggang anak.

Buatlah kegiatan membaca yang asyik dan nyaman sehingga anak mau membaca lagi dan lagi. Dalam gerakan membaca sejak dini, orang tua memiliki andil yang penting. Ketidacintaan pada buku dan membaca karena kurangnya andil orang tua dalam kegiatan membaca tersebut.

Agar Anak Gemar Membaca

Minat baca anak Indonesia ini memang mengkhawatirkan dimana menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah penelitian yang dilakukan oleh UNESCO ini menyebut minat baca orang Indonesia di tahun 2012 hanya sekitar 0,001 artinya adalah dari 1000 orang hanya 1 yang memiliki minat membaca serius.

Untuk anak kelas 1-3 SD memang sudah banyak yang bisa membaca dan hal itu melegakan hanya saja banyak yang tidak tahu apa yang dibaca dan di titik ini kecakapan literasi dari siswa tersebut perlu untuk dikembangkan. Untuk membuat kecintaan membaca muncul dan anak menjadi gemar membaca ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

  1. Sesuaikan minat baca anak

Pentingnya gerakan membaca ini harus semakin disadari banyak orang terutama orang tua. Untuk memulainya Anda bisa menyesuaikan bacaan dengan minat anak. Sesuaikan dengan kemampuan karena ada anak yang tidak mau membaca disebabkan kesulitan kosakata dan sulit memahami artinya.

  1. Konsistensi

Diperlukan peran orang tua untuk membantu mensukseskan gerakan gemar membaca ini. Orang tua perlu membuat jadwal secara rutin untuk membaca misalnya 30 menit per harinya. Nantinya anak akan terbiasa membaca dan mulai menyukainya.

  1. Gerakan membaca diulang 1X

Agar anak benar-benar membaca, Anda sebagai orang tua bisa melatihnya dengan gerakan membaca  sehingga bisa mengambil poin-poin penting yang terkandung dalam buku atau bacaan tersebut.

  1. Mencoba menulis

Ajarkan anak untuk menulis apapun yang dianggapnya menarik seperti pengalaman, perasaan, cara menanam, dan lain sebagainya.

Krisis atau darurat membaca yang terjadi di Indonesia ini mendorong Tanoto Foundation mendirikan sebuah organisasi filantropi independen.

Tanoto Foundation percaya jika stimulasi yang dilakukan pada anak usia dini adalah investasi terbesar yang menunjang tumbuh kembang anak, salah satunya adalah gemar membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation mencetuskan kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa, Anak Anda juga bisa ikutan lho kegiatan seru berupa kompetisi Sharing Momen Baca Bersama. Kegiatan ini diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya menarik banget loh. Ikutan sekarang juga ya!, kompetisi berlangsung hanya sampai bulan Desember 2020 aja.

Silakan cek highlight #MomenBaca di IG @tanotoeducation dan untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-hadiahnya/, semakin dini anak diajarkan pentingnya gerakan membaca semakin cepat anak untuk menyukainya.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *